Ingin Sehat Tapi Malas Olahraga? Ini Solusinya

VIVA.co.id – Beberapa orang enggan melakukan olahraga demi menjaga kesehatan. Biasanya, hal itu karena masalah waktu dan hal lainnya.

Namun hal tersebut tidak lagi berlaku karena kini telah ada sebuah perawatan yang dapat meningkatkan metobolisme tubuh, yakni Kiloburn. Perawatan tersebut dapat membantu masyarakat modern yang malas olahraga dan tidak punya banyak waktu untuk sehat.

dr Fahlia Ikasari, Expert Slimming di European Slimming Centre Iskandarsyah mengatakan, cara kerja dari perawatan ini dengan menggunakan mesin dengan teknologi Far Infrared (FIR), yang dapat memperkuat dan memperbaiki sistem tubuh. Dengan begitu, Anda menjadi lebih kuat, sehat dan berenergi.

FIR mampu menembus kulit hingga kedalaman dua sampai tujuh sentimeter dan menghasilkan red energy. Akibatnya, sel darah yang macet di dalam saluran pembuluh darah  dipanaskan dapat menjadi lancar dan menghasilkan keringat yang melepas toksin melalui pori-pori tubuh.

“Jadi Kiloburn sendiri merupakan salah satu treatment yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Ini bisa menjadi solusi orang yang tidak sempat untuk berolahraga, karena melakukan ini selama 45 menit sama dengan 3 jam joging,” ujar dia kepada VIVA.co.id di kawasan Jakarta Selatan, Senin, 7 November 2016.

Dia menambahkan, teknologi ini tidak hanya dapat meningkatkan metabolisme tetapi juga dapat membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh dengan sempurna dan detoksifikasi. Namun, perawatan ini harus dilakukan rutin tiga kali dalam sepekan, dengan biaya kurang dari Rp1 juta.

sumber : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/844787-ingin-sehat-tapi-malas-olahraga-ini-solusinya

5 Khasiat Ramuan Madu yang tak disangka

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda kerap mengonsumsi madu untuk menjaga kesehatan. Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini terbukti memiliki khasiat antibiotik, antiviral, dan antiinflamasi.

Dilansir step to health, Rabu (21/2/2018), madu ternyata memiliki beranekaragam fungsi untuk tubuh. Jika dicampurkan dengan bahan lain menjadi ramuan, madu akan membawa lima manfaat berikut ini:

 
 

1. Ramuan madu untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh

Bukan rahasia lagi bahwa madu dapat membantu Anda memulihkan fisik usai sakit. Khasiat antibiotik dan antiviral pada madu dapat membentuk kembali pertahanan tubuh.

Ramuan ini terbuat dari campuran setengah cangkir madu dan air perasan lemon. 

2. Ramuan madu untuk pencernaan

Jika Anda mengalami masalah dalam pencernaan, madu dan jahe dapat menjadi solusi menjawab permasalahan tersebut. Kedua bahan herbal tersebut merupakan bahan yang baik untuk pencernaan dan bersifat antiinflamasi.

Untuk mengonsumsinya, Anda merebus jahe yang sudah diparut dan kemudian menambahkannya dengan madu. Ramuan madu ini bisa diminum dua kali sehari.


3. Ramuan madu untuk sakit kepala

3. Ramuan madu untuk sakit kepala

Sifat analgesik yang terdapat pada madu dapat membuat sakit kepala yang Anda alami dapat teratasi. Selain itu, cengkeh yang dicampurkan dalam ramuan madu ini dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi peradangan.

Untuk mengonsumsi ramuan ini, Anda tidak dapat langsung meminumnya. Anda akan membutuhkan waktu selama 24 hingga 48 jam untuk memproses ramuan tersebut. Anda dapat meminumnya saat merasakan sakit kepala atau sakit otot.

4. Ramuan madu untuk detoksifikasi tubuh

Madu mengandung enzim alami dan antioksidan yang dapat membasmi racun yang menumpuk dalam darah. Senyawa tersebut pun mengoptimalkan fungsi organ ekskretoris dan mengurangi risiko kerusakan sel.

Ramuan ini terbuat dari campuran madu dan cuka sari apel. Anda dapat meminumnya saat perut kosong selama 2 minggu berturut-turut setiap harinya.

 

5. Ramuan madu untuk kram menstruasi

5. Ramuan madu untuk kram menstruasi

Bagi Anda para wanita, jika mengalami kram saat menstruasi, konsumsilah ramuan madu ini. Sifat antiinflamasi dan efek menenangkan yang terdapat pada madu, jika dikombinasikan dengan antispasmodik pada kayu manis, dapat meredakan rasa sakit saat menstruasi.

Ramuan infus madu dan kayu manis ini dapat anda nikmati selama dua atau tiga hari sebelum jadwal menstruasi tiba. Dengan meminum ramuan ini, Anda sudah melakukan bentuk pencegahan terhadap kram menstruasi.

Sumber : http://health.liputan6.com/read/3308328/5-khasiat-ramuan-madu-yang-tak-disangka-sangka

Dokter: Orang Tua Harus Paham Efek Pascaimunisasi

Cirebon, Aktual.com – Dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Anak Indonesia dr Arifianto Sp.A. mengatakan, orang tua harus memahami efek pascaimunisasi yang terjadi pada anak sebelum melakukan vaksinasi guna mencegah kecemasan dan salah pemahaman.

“Seharusnya sebelum divaksinasi orang tua diinfokan terlebih dulu tentang vaksin dan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) agar tidak menimbulkan kekhawatiran,” kata Arifianto di Cirebon, Rabu (7/2).

Dia menyatakan ada baiknya petugas yang memberikan vaksin menginformasikan mengenai KIPI, termasuk kategori KIPI ringan dan berat yang mungkin terjadi pada anak pascaimunisasi.

“Demam, bengkak di tempat suntik itu KIPI ringan, tapi itu hal yang wajar,” kata Arifianto. Sementara kategori KIPI berat ialah yang menimbulkan efek kejang, pingsan, perawatan, atau hingga meninggal.

“KIPI berat setelah imunisasi masuk ICU lalu meninggal, itu ada. Tapi kasusnya sangat langka, satu banding satu juta,” kata Arifianto mengacu pada kasus KIPI di luar negeri.

Kepala Divisi Surveilans dan Uji Klinis Bio Farma Novilia Sjafri Bachtiar mengatakan perusahaan produsen vaksin di Indonesia tersebut tetap memantau produk vaksin saat dilakukan imunisasi apabila terjadi KIPI.

Bio Farma menerima laporan KIPI dari tempat pelayanan imunisasi dan masyarakat untuk selanjutnya diteruskan pada Komnas KIPI dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan untuk dilakukan investigasi.

Novilia menyebutkan mayoritas KIPI yang terjadi ialah KIPI ringan. Namun untuk beberapa kasus KIPI yang menyebabkan sakit disebabkan karena adanya faktor lain seperti riwayat penyakit atau alergi pada anak yang diimunisasi.

Novilia menegaskan hingga saat ini belum pernah ada kasus KIPI yang disebabkan oleh kualitas vaksin Bio Farma.

sumber : http://www.aktual.com/dokter-orang-tua-harus-paham-efek-pascaimunisasi/

Kemenkes: Cakupan Imunisasi Ulang Difteri Capai 52,1 Persen

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Kesehatan mencatat cakupan imunisasi ulang atau “Outbreak Response Immunization” (ORI) di tiga provinsi sudah mencapai 52,1 persen dari target.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan di Jakarta, Sabtu (6/1), rincian cakupan ORI tersebut antara lain 61,75 persen untuk DKI Jakarta, 44,21 persen di Jawa Barat, dan 57,6 persen untuk Provinsi Banten.

Cakupan ini diperkirakan akan terus meningkat menyusul kegiatan belajar di sekolah telah kembali aktif setelah libur semester, libur Natal dan tahun baru. Sementara target ORI terbesar adalah pada anak sekolah di mana mencakupi 75 persen dari target imunisasi ulang difteri.

ORI difteri dilakukan sebanyak tiga tahapan. Tahap pertama telah dimulai sejak 11 Desember 2017, tahap kedua akan dilakukan minimal satu bulan setelah imunisasi ulang pertama yakni 11 Januari.

Tahapan imunisasi kedua akan segera dilaksanakan di sekolah-sekolah. Namun bagi anak yang belum sekolah, ORI dilakukan di Posyandu, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya.

Sementara imunisasi yang ketiga dilakukan enam bulan setelah imunisasi ulang pertama. Imunisasi ulang dilakukan tiga kali bertujuan untuk membentuk kekebalan tubuh dari bakteri “corynebacterium diphteriae” penyebab penyakit difteri. Pemerintah meyakini ORI yang dilaksanakan dengan tepat dan sesuai prosedur akan bisa mengendalikan Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri.

Pemerintah berharap adanya kerja sama dan partispasi semua pihak, terutama para orang tua yang mempunyai anak-anak serta upaya bersama pemerintah daerah untuk mengambil langkah cepat mengendalikan masalah KLB difteri.

sumber : http://www.aktual.com/kemenkes-cakupan-imunisasi-ulang-difteri-capai-521-persen/

Imunisasi Paling Efektif Cegah Penyakit Japanese Enchepalistis

Jakarta, Aktual.com – Kementerian Kesehatan menyatakan imunisasi masih menjadi cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit Japanese Enchepalitis (JE) atau radang otak karena belum ada obat khusus untuk penyembuhannya.

Berdasarkan siaran pers di laman Kementerian Kesehatan yang dikutip di Jakarta, Senin (5/3), pencegahan paling efektif pada penyakit JE ialah imunisasi dan menghindari gigitan nyamuk culex sebagai penyebar virus.

Kabupaten Tabanan Bali menjadi wilayah pencanangan imunisasi JE untuk mencegah penyakit radang otak yang bisa menyebabkan kematian tersebut.

Manusia dapat tertular dan terinfeksi virus JE dikarenakan penyebaran oleh nyamuk culex yang juga menggigit hewan. Namun nyamuk culex yang mengigit manusia yang sudah terinfeksi JE tidak bisa menularkan kepada manusia lain.

Hewan yang menjadi sumber ialah babi, kuda, dan beberapa jenis burung. Nyamuk culex biasa ditemukan di daerah persawahan, kolam, genangan, dan daerah yang biasa tergenang air.

Tanda klinis dari JE tidak dapat dibedakan dengan penyebab lain dari penyakit Sindrom Ensepalitis Akut (AES), sehingga pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk mengonfirmasi penyakit JE.

Kasus JE adalah kasus AES yang telah dikonfirmasi positif dengan pemeriksaan laboratorium positif.

Laporan dari Kementerian Kesehatan tahun 2016 menunjukkan di 11 provinsi terdapat 326 kasus AES dengan 43 kasus atau 13 persennya di antaranya positif JE. Sebanyak 85 persen kasus JE di Indonesia terdapat pada kelompok usia di bawah 15 tahun dan 15 persen pada kelompok usia di atas 15 tahun. Kasus JE terbanyak terdapat di Provinsi Bali.

Imunisasi JE dikampanyekan dan dicanangkan di Kabupaten Tabanan pada awal Maret dan akan menyeluruh ke semua kabupaten di Provinsi Bali hingga April 2018.

Imunisasi JE diberikan pada seluruh anak usia sembilan bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun. Untuk selanjutnya, imunisasi JE akan masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin di Bali dan diberikan pada anak usia 10 bulan.

Pelayanan imunisasi dilakukan di pos pelayanan imunisasi yang telah ditentukan antara lain Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak, SD sederajat dan SMP sederajat serta Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas pembantu, rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

sumber : http://www.aktual.com/imunisasi-paling-efektif-cegah-penyakit-japanese-enchepalistis/

Tips Menjaga Kesehatan Pada Wanita

TIPS MENJAGA KESEHATAN PADA WANITA

Melakukan kebiasaan hidup sehat merupakan cara terbaik untuk menghindari penyakit dan meningkatkan kualitas hidup.

Mengkonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan mengatur kestabilan emosi memiliki dampak untuk menjaga kesehatan. Berikut tips untuk dapat menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi makanan alami
Makanan kemasan dan olahan umumnya mengandung tinggi gula, garam, lemak tidak sehat, dan kalori. Pilihlah jenis makanan sehat yang alami seperti:

  • Buah dan sayuran segar
  • Biji-bijian
  • Makanan yang mengandung tinggi serat
  • Ikan segar
  • Daging sapi dan unggas tanpa lemak
  • Makanan yang mengandung lemak sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, dll
  • Susu rendah lemak

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tanpa lemak, lemak sehat, karbohidrat tepat, dan serat lebih baik dari pada melakukan diet ketat.

Menjaga kestabilan emosi
Umumnya wanita sering berada dalam kondisi stress karena pekerjaan, anak, keluarga, teman dan situasi di tempat bekerja. Terlalu stress dapat memicu beberapa kondisi penyakit, seperti:

  • Tekanan darah tinggi
  • Nyeri perut bagian atas
  • Nyeri punggung
  • Susah tidur
  • Berat badan bertambah

Untuk menjaga supaya tidak terlalu stress dapat melakukan beberapa hal, seperti:

  • Yoga atau tai chi
  • Olahraga
  • Meditasi
  • Pijat

Berolahraga setiap hari
Tubuh akan menjadi semakin sehat jika semakin banyak bergerak. Olahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membangun kekuatan otot dan tulang, dan mengatasi gangguan kesehatan. Lakukan olahraga seperti jalan cepat atau menari selama 2,5 jam setiap minggu atau melakukan olahraga yang lebih keras seperti berlari atau berenang selama 105 menit setiap minggu. Namun, jika pekerjaan terlalu sibuk maka dapat berolahraga dengan berjalan sebanyak 10.000 langkah sehari.

Memiliki berat badan ideal
Umumnya wanita lebih khawatir jika mengalami peningkatan berat badan atau memiliki berat badan yg lebih dari normal. Jika dari perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), seseorang memiliki berat badan yang tidak ideal maka perlu melakukan usaha menurunkan berat badan. Berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat merupakan kunci untuk menurunkan berat badan. Usahakan untuk dapat menurunkan berat badan 1-2kg tiap minggu.

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin
Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu melacak riwayat kesehatan dan dapat membantu agar tetap sehat. Misalnya, saat hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan bahwa seorang wanita memiliki resiko untuk mengalami osteoporosis, maka dokter dapat memberikan kalsium atau vitamin D dengan dosis tepat untuk menjaga kekuatan tulang. Jika tidak memiliki gangguan kesehatan maka dapat melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin minimal setahun sekali.

Melakukan kebiasaan sehat
Buatlah keputusan untuk memilih hidup sehat agar tidak mengalami gangguan kesehatan di masa mendatang.

  • Menggosok gigi minimal dua kali sehari dan menggunakan benang floss tiap setelah makan
  • Tidak merokok
  • Membatasi konsumsi alcohol
  • Jika mengkonsumsi obat maka harus sesuai anjuran dokter
  • Memiliki tidur yang berkualitas dan cukup (8 jam sehari)
  • Menggunakan tabir surya ketika harus beraktifitas dibawah sinar matahari

Wanita kuat membutuhkan tubuh yang selalu sehat

Jika Sahabat Viva memiliki pertanyaan lebih lanjut, silahkan kirimkan melalui:

  1. Layanan Tanya Jawab Kesehatan melalui SMS Hotline atau Whatsapp di nomor 0812 919 08500
  2. Konsultasi Online pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB

Pertanyaan anda akan dijawab langsung oleh tenaga kesehatan kami. Kunjungi juga akun Fanpage VivaHealthIndonesia untuk melihat jadwal kegiatan Apotek Viva di kota Anda dan info kesehatan lainnya.

Sumber:

  1. Healthline. (2016, 14 Maret). What Do You Want to Know About Women’s Health. Diperoleh 13 Maret 2018 dari: https://www.healthline.com/health/womens-health
  2. WebMD. (2016, 21 Juni). Women’s Health Tips for Heart, Mind, and Body. Diperoleh 13 Maret 2018 dari: https://www.webmd.com/balance/features/health-tips-heart-mind-body#2
  3. WebMD. (2015, 01 Desember). Top 10 Health Tips for Women. Diperoleh 13 Maret 2018 dari: https://www.webmd.com/women/features/women-top-health-tips#2

Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) merupakan salah satu tanaman kacang-kacangan penting di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Indonesia, tanaman ini menempati urutan ketiga setelah kedelai dan kacang tanah, baik mengenai luas areal penanaman dan produksinya maupun peranannya sebagai bahan makanan.

Tanaman ini merupakan tanaman semusim berumur pendek, lebih kurang 65 hari Biji kacang hijau mempunyai kandungan protein sebanyak 24,4%, lemak 1%, dan karbohidrat 64,6%. Selain itu menurut (Marzuki dan Soeprapto, 2007), tanaman ini mengandung vitamin B1, vitamin A dan C. Biji kacang hijau sebagian besar dikonsumsi untuk bahan makanan seperti tauge, sup, bubur, tepung, minuman dan tahu.

Di Indonesia sebaran daerah produksi kacang hijau adalah Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Pulau Jawa merupakan penghasil utama kacang hijau di Indonesia, potensi lahan kering daerah tersebut yang sesuai ditanami kacang hijau sangat luas. Kacang hijau adalah sejenis tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Penanaman kacang hijau sama halnya dengan kacang kedelai yaitu selalu bertambah luas dari tahun ke tahun, namun produksinya tidak meningkat,Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sebesar 22% dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Sedangkan kandungan lemaknya merupakan asam lemak tak jenuh. Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Kacang hijau juga mengandung rendah lemak yang sangat baik bagi mereka yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Tak hanya itu Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau juga menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah berbau.

Kandungan gizi kacang hijau Nilai Kandungan Gizi Kacang Hijau per 100 g, kacang hijau, biji matang, mentah dapat dilihat pada tabel 1 berikut ini.

Tabel 1. Kandungan Gizi Kacang Hijau dan Gandum per 100 gr Bahan.

Kandungan Gizi Kacang Hijau Gandum
Kalori (kal) 323 327
Protein (g) 22 12,61
Lemak (g) 1,5 1,54
Karbohidrat (g) 56,8 71,18
Kalsium (mg) 223 29
Zat besi (mg) 7,5 3,19
Fosfor (mg) 319 228
Vitamin A (SI) 157 0
Vitamin B1 (mg) 0,46 0,38
Vitamin C ( mg) 10 0
Air (g) 15,5 13,1

Sumber : Retnaningsih, et al (2008)

Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan minum kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Kandungan kalsium dan kandungan fosfor kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat kerangka tulang. Kandungan lemaknya juga jauh lebih rendah dari kedelai. Oleh karena itu, kacang hijau sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kacang hijau juga mampu menjaga kesehatan jantung karena kandungan lemak tak jenuhnya mencapai 73 persen.

Secara Garis Besar Kacang Hijau Mempunyai Manfaat Sebagai Berikut :

1. Sumber Mineral
Kacang hijau adalah makanan yang menjadi salah satu sumber mineral. Beberapa mineral penting yang terkandung di dalamnya adalah kalium, magnesium, asam folat, seng, besi, dan fosfor. Kalium dan magnesium penting untuk menjaga kesehatan jantung

2. Kaya Serat
Kacang hijau juga merupakan sumber makanan yang kaya akan serat, serat larut dan tidak larut. Serat tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan mengurangi masalah sembelit. Sedangkan serat larut membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan menjaga kadar gula darah

3. Kaya Protein
Sebagai nutrisi yang dapat membangun tubuh, Anda harus mendapatkan asupan protein yang cukup setiap hari. Berbeda dengan protein hewani yang seringkali masih mengandung lemak jenuh, kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati yang baik tanpa kadar lemak jenuh.

4. Baik Untuk Kesehatan Jantung
Manfaat hebat lain dari kacang hijau adalah baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi kacang hijau secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan fleksibilitas dari arteri dan vena.

5. Memiliki Efek Detoksifikasi
Kacang hijau memiliki manfaat detoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme. Dalam pengobatan alami di China dan India, kacang hijau sering dianjurkan untuk detoksifikasi (pengeluaran racun) dalam tubuh dan menyembuhkan penyakit kronis.

6. Menurunkan Berat Badan
Kacang hijau yang rendah kalori (tidak dimasak dengan santan dan kaya gula) adalah sumber serat yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk ngemil akan tertahan. Ini hal positif bagi anda yang mengiginkan diet secara sehat dan alami.